Cara Estimator Baja Membantu Anda Mengoptimalkan Keseluruhan Alur Kerja Pabrikasi

Sebagai seorang estimator baja, Anda memiliki posisi penting untuk mempertajam keuntungan kompetitif yang ingin dicapai perusahaan Anda.

Efisiensi proyek berkorelasi secara langsung dengan keberhasilan Anda sebagai seorang estimator.Kontrol biaya dan peningkatan margin keuntungan yang sangat ideal hanya dapat dicapai melalui upaya Anda dalam membuat estimasi proyek baja yang akurat dan kompetitif.

Pendanaan proyek berawal dan berakhir di tangan Anda. Jadi, bagaimana tanggung jawab besar ini dapat Anda jalankan dengan baik?Inilah saatnya untuk proaktif — memanfaatkan strategi dan proses yang sesuai, di saat yang tepat, merupakan alat profesional terbaik dalam kotak peralatan seorang estimator.

Terdapat beberapa area kunci dari alur kerja pabrikasi di mana pengaruh seorang estimator dapat memberikan dampak yang signifikan:

  • Estimasi/Penawaran
  • Pabrikasi
  • Pembangunan
  • Analisis

Mari kita telaah tantangan dan solusi yang terkait dengan setiap tahapan tersebut untuk dapat lebih dalam memahami cara estimator membantu meningkatkan profitabilitas proyek.

Estimasi/Penawaran

Dari tidak terduganya harga baja hingga kompleksitas perkiraan kebutuhan tenaga kerja, pekerjaan estimator memiliki banyak ruang bagi kesalahan dan pekerjaan yang tidak efisien.

Namun, jangan putus asa dengan tantangan ini.Ada beberapa strategi yang bisa Anda jalankan untuk membantu menjaga harga material tetap rendah, mencegah biaya kesalahan, dan meningkatkan akurasi prediksi tenaga kerja.Berikut merupakan beberapa contoh:

  • Memastikan manajer proyek Anda mengetahui segalanya:Bicarakan dengan manajer proyek Anda.Selalu memberi tahu mereka terkait pengadaan material adalah cara terbaik untuk memastikan persediaan yang cukup selalu tersedia, serta menghindari penundaan yang akan menghabiskan biaya.
  • Penetapan standar:Penetapan standar industri membantu menentukan patokan yang dapat digunakan untuk menghitung biaya material.Dengan melakukan penelitian industri yang terperinci, Anda dapat memastikan agar tidak menghamburkan uang terlalu banyak untuk baja.
  • Mengadopsi perangkat lunak yang tepat:Dengan mengembangkan estimasi menggunakan solusi perangkat lunak yang tepat, Anda tidak hanya membuat pekerjaan Anda lebih cepat serta efisien, tetapi juga menyempurnakan tahapan detailing, pabrikasi, dan pembangunan.(Temukan selengkapnya di bawah.)

Pabrikasi

Manajer produksi adalah peran yang dapat memengaruhi hasil dari setiap tahapan proyek.Ini adalah posisi yang penting.Namun, keuntungan ini dapat dengan mudah terbuang percuma tanpa adanya teknologi manajemen proyek yang sesuai.

Tanpa manajemen proyek yang efektif, kontrol pabrikator kemungkinan akan sia-sia akibat proses yang lebih terfragmen dan kurang efisien.Cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi proyek, pada setiap tahapannya, adalah dengan memungkinkan pabrikator menggabungkan tahap estimasi, perincian, pabrikasi, serta pembangunan ke dalam satu alur kerja kohesif yang optimal.

Hanya ada satu cara untuk melakukannya:solusi teknologi yang mengintegrasikan semua hal tersebut serta mengalirkan informasi di sepanjang alur kerja.Dengan bantuan perangkat lunak yang tepat, pabrikator dapat memperoleh manfaat yang lebih baik dari kolaborasi antara estimator dan detailer sebelumnya.Cari perangkat lunak yang dapat menangani model estimasi dan memanfaatkannya dari detailing hingga pabrikasi dalam format yang mudah dibaca serta dipahami semua pemangku kepentingan dalam proyek tersebut.

Pembangunan

Semua upaya dari tahap sebelumnya akan sia-sia jika proyek tidak efisien dalam tahap pembangunan.

Perhatian utama selama pembangunan:menyatukan segalanya.Hal tersebut sedikit reduktif, tetapi tenaga kerja di tahapan ini umumnya menaruh perhatian pada seberapa cepat dan efisien mereka dapat memasang baja tanpa membuang waktu atau tenaga untuk menyelesaikan masalah maupun membahayakan keselamatan pekerja.

Serupa dengan tujuan sebelumnya, ini tidak dapat dicapai secara terpisah.Orang yang memasang baja di lapangan harus bergantung pada estimator, detailer, dan pabrikator yang semuanya menghadapi tantangan proyek.Hasil terbaik dapat dicapai jika pembangun mampu merencanakan pekerjaan mereka lebih awal serta saat diperlukan, dan memberikan saran/rekomendasi kepada pabrikator sebelum pekerjaan dilakukan di lapangan.

Solusi tidak tercakup melalui kolaborasi antardisiplin, dan tahap pembangunan bisa menjadi sangat efisien saat pekerja dapat bergantung pada model yang telah ditetapkan serta dioptimalkan sejak estimasi hingga seterusnya.

Analisis

Langkah terakhir dalam setiap keberhasilan proyek adalah evaluasi — analisis terkait apa yang dilakukan dengan benar dan apa yang salah. Sektor konstruksi bersifat dinamis. Agar dapat tetap kompetitif, kita perlu mengandalkan analisis strategis dan secara teratur melakukan peningkatan.Oleh karena itu, analisis harus mendapat perhatian serta upaya yang memadai.

Analisis dapat menjadi sangat efisien dengan mengonsolidasikan seluruh data dari semua tahapan ke dalam lokasi digital yang terpusat — ini berarti memilih solusi perangkat lunak pabrikasi dan pembuatan model yang tepat.

Dengan menempatkan semua tahapan proyek dalam sebuah solusi terpusat, analisis jadwal, kualitas, serta keuntungan dari seluruh alur kerja menjadi mudah untuk dilakukan.Lalu, jika sudah saatnya untuk lanjut ke proyek berikutnya, wawasan yang didapatkan dari tahap analisis dapat diterapkan dengan mudah serta cepat.

Semua poin di atas memiliki satu kesamaan:tantangan estimasi dapat ditangani dengan baik melalui perangkat lunak integrasi pabrikasi strategis.Platform yang mencakup semua tahapan dapat membantu memunculkan peningkatan di tingkat proyek dan memaksimalkan profitabilitas di seluruh alur kerja baja.

Previous Article
Cara Estimator Baja Meningkatkan Profitabilitas Pabrik
Cara Estimator Baja Meningkatkan Profitabilitas Pabrik

Bagian dari setiap pekerjaan estimator mencakup membantu tim penawaran dengan tender untuk memenangkan peke...

Next Article
6 Masalah Tak Terhindarkan Saat Menggunakan Spreadsheet untuk Membuat Estimasi
6 Masalah Tak Terhindarkan Saat Menggunakan Spreadsheet untuk Membuat Estimasi

Estimasi semestinya dilakukan dengan cepat, konsisten, dan dengan tingkat akurasi setinggi mungkin.