Apa yang Ada dalam Estimasi Pabrikasi Berkualitas Tinggi?

Kumpulan talenta estimator kini sangat mengesankan.Meski ini merupakan kabar baik bagi keberlanjutan kemajuan industri konstruksi, hal ini juga memunculkan masalah kejenuhan pasar.Mempertimbangkan opsi pemanfaatan talenta, bagaimana Anda menetapkan kualifikasi estimator pabrikasi yang hebat?Bagaimana Anda mengenali sifat yang mengarah pada kerja estimasi yang cepat dan hemat? 

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, pekerjaan estimator biaya diperkirakan meningkat sebesar 11 persen dalam dekade berikutnya — lebih cepat dibanding sebagian besar jenis pekerjaan lain.Mengetahui peningkatan pertumbuhan ini, sangat penting untuk mengenali kualitas estimator yang hebat serta kemiripan yang ada di antara estimator terbaik.

Estimasi proyek yang efektif bukan sekadar menjumlahkan angka — gabungan dari teknologi yang tepat dan sedikit perencanaan strategis sama pentingnya dengan keberhasilan proyek.Pendanaan proyek dimulai (dan berakhir) ditentukan oleh estimator. Jadi, pastikan untuk mencari elemen kunci ini pada estimasi pabrikasi.

Kapan waktu paling efektif untuk estimasi?

Siapa pun yang pernah bekerja bersama estimator tahu bahwa tidak ada proyek yang benar-benar sama.Memperkecil masalah — dari variabel yang dibutuhkan klien hingga biaya material yang selalu berubah — merupakan musuh bersama bagi perencanaan yang teliti.Saat membicarakan estimasi pabrikasi, Anda harus memperkirakan yang tidak terduga.

Terlepas dari variabilitas kebutuhan proyek yang tidak terbatas, estimasi yang efektif dapat dibagi menjadi dua faktor:

  • Keseimbangan — Estimasi adalah tentang menyeimbangkan antara kecepatan dan akurasi.Faktor ini merupakan dua sisi koin yang sama:siapa yang tidak ingin mengurangi komitmen waktu tanpa mengorbankan kualitas hasil?Estimator yang mampu menyeimbangkan keduanya, kemungkinan besar mampu memunculkan penghematan proyek sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Dapat Digandakan — Mengulang keberhasilan dari pekerjaan sebelumnya merupakan aset tak ternilai dari seorang estimator.Jika sesuatu dapat berjalan dalam kondisi tertentu, kemungkinan besar hal tersebut dapat dijalankan kembali.Nyatanya, estimasi yang efektif merupakan gabungan dari penyesuaian dan meniru diri sendiri.Merupakan ide yang bagus untuk memahami keberhasilan produktivitas dan berusaha mengulangnya jika memungkinkan.

Setiap estimator andal tahu bahwa, terlepas dari proyeknya, situasi ideal di atas berlaku secara universal.Namun, bagaimana estimator dapat benar-benar mewujudkan tujuan mulia tersebut menjadi hasil yang nyata?

Pertanyaan tersebut membawa kita pada elemen paling penting berikutnya dari estimasi yang efektif:teknologi.Teknologi yang tepat kerap menentukan perbedaan antara estimasi yang baik dan estimasi yang hebat.

Teknologi estimasi kunci

Sebagai titik awal proyek, estimator memiliki kekuatan untuk memengaruhi hasil dari semua tahapan proyek konstruksi.Ini adalah posisi yang penting, tetapi akan sia-sia tanpa adanya teknologi yang sesuai. Estimator menggunakan teknologi berikut untuk mencapai estimasi pabrikasi yang optimal:

  • Platform manajemen proyek — Salah satu alat terhebat yang dimiliki estimator adalah data historis dari hasil proyek sebelumnya.Estimator dapat melihat masa depan dengan mengintip masa lalu.Platform yang mengumpulkan data estimasi, perincian, pabrikasi, dan pembangunan ke dalam satu alur kerja kohesif yang dioptimalkan dapat memberi tahu bahwa proses estimasi bergerak maju.  
  • Perangkat Lunak BIM — Sederhananya, estimator tidak dapat melakukan pekerjaan mereka dengan efektif tanpa perangkat lunak BIM yang tepat.Perangkat lunak BIM untuk estimasi pabrikasi merupakan cara yang intuitif untuk mewujudkan gagasan.Model 3D merupakan sumber informasi pabrikasi interaktif yang dapat digunakan untuk pemrosesan CNC, penanganan material, dan pengelasan robotik, serta dapat dibawa secara langsung ke tahap pembangunan tanpa membutuhkan terjemahan. 
  • Otomatisasi — Banyak estimator yang telah ikut menggunakan otomatisasi untuk menghilangkan pekerjaan berulang yang sia-sia dan meningkatkan produktivitas harian.Teknologi otomatisasi untuk estimasi pabrikasi dapat digunakan untuk menghasilkan Bill of Quantities dan estimasi biaya dari model bangunan 3D CAD secara otomatis.

Seperti yang dapat Anda lihat, tidak ada aturan pasti untuk estimasi yang efektif.Ini merupakan pekerjaan yang kompleks serta penuh dengan variabel yang terus berubah.Namun, satu hal yang pasti — estimator paling andal di bidangnya menggabungkan perencanaan strategis dengan solusi teknologi mutakhir.Saat digabungkan, elemen-elemen penting ini akan berujung pada estimasi serba untung yang berharga:pengurangan biaya proyek dan peningkatan efektivitas alur kerja pabrikasi.

Previous Article
3 risiko yang mencederai produktivitas pabrik baja Anda
3 risiko yang mencederai produktivitas pabrik baja Anda

Ada tiga lubang dalam produksi yang dapat menyebabkan hilangnya sumber daya serta gagalnya proyek.

Next Article
3 Cara Teknologi dan MIS Meningkatkan Pabrikasi Baja
3 Cara Teknologi dan MIS Meningkatkan Pabrikasi Baja

Beberapa tahun lalu, metode umum untuk manajemen pabrikasi baja mencakup tumpukan gambar dan dokumen lainny...