3 Cara Teknologi dan MIS Meningkatkan Pabrikasi Baja

Beberapa tahun lalu, metode umum untuk manajemen pabrikasi baja mencakup tumpukan gambar dan dokumen lainnya, komunikasi yang kacau, serta input informasi secara manual yang rentan dengan kesalahan.Untungnya, saat ini pabrikator baja struktural memiliki beragam pilihan yang lebih efisien untuk digunakan.

Berkat teknologi, Management Information Systems menghadirkan media peningkatan yang lengkap.MIS memberikan cara yang efektif dalam menyimpan dan berbagi informasi proyek, bekerja sama secara real time, dan mengurangi biaya kesalahan akibat alur data manual yang panjang.Manfaat terbaiknya, MIS mudah dipelajari dan sederhana untuk digunakan – Anda tidak perlu mengubah cara Anda bekerja, hanya membuatnya lebih efisien di seluruh tahapan proyek.

Dengan sistem manajemen pabrikasi baja yang tepat, Anda dapat benar-benar memegang kendali informasi, berujung pada proses yang lebih lancar serta proyek yang lebih profitabel.Jadi, apa yang sebenarnya diberikan oleh MIS?

1.Alur data yang lancar serta penghematan waktu

Alur data yang lancar merupakan inti dari pabrikasi, dan tantangan industri selalu berupa pembagian informasi antara beberapa pemangku kepentingan.Tiap-tiap ahli bekerja di bidang mereka masing-masing, tetapi saat pembagian data dilakukan secara manual, waktu dan upaya yang berharga akan habis untuk memastikan semua orang mendapatkan informasi terbaru tersebut.

Dengan MIS, setiap anggota proyek Anda dapat melihat gabungan semua aspek, bentuk yang ditingkatkan, pemahaman holistik terhadap proses, dan pemetaan setiap tantangan sedari dini.Optimalnya, Anda hanya butuh memasukkan data sekali, dan setiap pihak akan dapat menggunakannya.Memanfaatkan perangkat lunak untuk tugas yang umumnya direkam secara manual juga akan membebaskan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek itu sendiri.

2.Berbagi informasi secara real time mencegah kesalahan rantai produksi

Dulu, saat perubahan terjadi di proyek pabrikasi, mereka perlu memperbarui setiap tahapan secara terpisah.MIS dapat dijalankan sebagai layanan cloud, yang berarti semuanya disimpan secara digital dalam database yang dapat diakses oleh tiap-tiap anggota proyek, alih-alih harus menyimpan dokumen dalam bentuk salinan fisik.

Dengan demikian, pembaruan dan perbaikan dapat segera ditampilkan di seluruh proyek.Dengan platform real time, tidak akan ada risiko nyata dari informasi yang usang, data yang hilang, atau halangan dalam rantai komando.

Yang terpenting, perubahan dapat diakses setiap pemangku kepentingan.Jika tidak, bukan hanya akan muncul pengeluaran tambahan, tetapi juga kegagalan proyek.Data real time meminimalkan jeda dalam alur informasi Anda, sehingga membantu memastikan hasil akhir yang diharapkan.

3.MIS mudah digunakan dan cepat diadopsi

Pindah dari pekerjaan manual ke manajemen data otomatis yang dioptimalkan mungkin terasa seperti sebuah langkah besar, tetapi sebenarnya tidak demikian.Karena MIS dirancang dengan memperhatikan pabrikator, kebutuhan pengguna menjadi prioritas utama.Perangkat lunak tersebut tidak hanya dibangun untuk tingkat manajemen atau personel teknis.Solusi modern ini juga memfasilitasi proses untuk setiap departemen.

Mempelajari proses yang sepenuhnya baru semestinya bukanlah persyaratan saat mengadopsi perangkat lunak baru.Optimalnya, perangkat lunak telah dibangun sedemikian rupa sehingga pabrikator dapat bekerja dengan cara yang sama seperti sebelumnya, tetapi dengan lebih efektif.Perangkat lunak ini cepat untuk diadopsi, karena dibuat untuk menjawab kebutuhan dan tantangan dari pabrikator itu sendiri.Anda tetap memegang kendali, namun dengan peralatan yang lebih efisien, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat tenaga untuk digunakan.

Solusi Informasi Manajemen berbasis BIM adalah masa depan pabrikasi baja

Saat surat pos digunakan sebagai satu-satunya cara mengirimkan informasi tertulis, cara tersebut berhasil karena memang seharusnya begitu.Surat-menyurat berevolusi dari faksimile hingga email, dan keefektifan, kecepatan, serta kemudahannya mencapai titik tertinggi.

Perubahan dalam MIS pun serupa, dan evolusi pemodelan informasi bangunan (Building Information Modeling/BIM) turut mempercepat perubahan ini.Dengan solusi berbasis BIM, Anda dapat berkomunikasi menggunakan model 3D serta gambar lainnya.Faktanya, fungsi sistem baru, seperti layanan pesan instan, membuat seluruh pemangku kepentingan proyek Anda selalu mendapat informasi yang sama, bahkan ketika tiap-tiap tim bekerja secara terpisah.

Singkatnya, merangkul solusi baru yang dihadirkan teknologi merupakan peluang fantastis untuk bisnis Anda.Tidak hanya memiliki potensi yang luar biasa untuk meningkatkan produktivitas Anda, solusi ini juga memperkuat kolaborasi serta memaksimalkan pendapatan.Jadi, apa lagi yang Anda tunggu?

Previous Article
Apa yang Ada dalam Estimasi Pabrikasi Berkualitas Tinggi?
Apa yang Ada dalam Estimasi Pabrikasi Berkualitas Tinggi?

Estimator paling andal di bidangnya menggabungkan perencanaan strategis dengan solusi teknologi mutakhir.

Next Article
Cara Estimator Baja Meningkatkan Profitabilitas Pabrik
Cara Estimator Baja Meningkatkan Profitabilitas Pabrik

Bagian dari setiap pekerjaan estimator mencakup membantu tim penawaran dengan tender untuk memenangkan peke...